Industri Makin Kondusif, Investor Pariwisata Makin Bergairah

Kamis, 12 Januari 2017 | 07:27
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Wisata keindahan alam

INDOPOS.CO.ID - Indonesia memang merupakan tempat lliburan yang paling komplit untuk para wisatawan. Selain keindahan alam yang berlimpah, banyak hotel keren yang bisa dipilih untuk dijadikan tempat menginap. Awal Januari ini, CNN sudah memetakan hotel-hotel Asia yang paling dinanti kehadirannya di 2017. Dua di antaranya ada di Indonesia.

“Di 2017 setidaknya ada sembilan hotel yang paling dinantikan kehadirannya di Asia. Ada trend baru,” tutur Sii Eawsakul, pendiri LuxuryHunt.com dan satu perempuan terkemuka di Asia dari perjalanan online.

Eawsakul memprediksi Bawah Private Island di Pulau Anambas yang akan dibuka pertengahan tahun akan booming di 2017. Prediksi yang sangat beralasan mengingat Pulau Bawah Anambas adalah pulau tropis terbaik se-Asia versi CNN. Di sini, wisatawan bisa snorkeling, kano atau santai menikmati keindahan alam yang tak kalah dengan Maldives. Tak hanya itu, keindahan di Pulau Bawah ini juga diklaim mengalahkan keindahan Koh Cnag serta Pulau Similan yang ada di Thailand, Langkawi di Malaysia ataupun Halong Bay yang terkenal di Vietnam.

Pulau Bawah Anambas ini dikelilingi oleh empat pulau kecil, yakni Pulau Lidi, Pulau Elang, Pulau Muba dan Sangga. Pulau Bawah ini juga memiliki dua pantai yang berhadapan dan ketika surut tiba. Sedangkan gugusan pulau di depannya bertahtakan bebatuan granit yang bisa membuat wisatawan berdecak kagum.

Pulau Bawah Anambas beserta empat pulau kecil di sekitarnya membentuk laguna. Laguna inilah yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Laguna ini terbentuk dari kepungan gugusan pulau yang berada di tengah laut membentuk danau asin yang dangkal. Hal inilah yang membuat para wisatawan betah berlama-lama berenang di danau tersebut.

Air di Laguna Pulau Bawah? Sangat jernih. Saking jernihnya, sampai-sampai wisatawan bisa melihat batu karang serta ikan-ikan kecil dengan jelas. Tak heran meskipun tempatnya jauh, tempat ini menjadi primadona, terutama traveler asing yang menggunakan yacht. "Tren penginapan sudah bergeser ke private island di Asia Tenggara," kata Bill Barnett, pendiri konsultan perhotelan C9 Hotelworks.

Jumlah tamunya pun dibatasi 70 orang. Dengan tiga laguna, tenda safari bergaya vila dan jaraknya yang hanya dua jam dari Singapura, laguna di Pulau Bawah Private Island diprediksi akan banyak dibanjiri wisatawan berkantung tebal.

Selain Pulau Bawah Private Island, Capella Ubud Bali juga diyakini bakal booming di 2017. Ulasan soal rencana opening di akhir 2017 sudah banyak diulas media besar Asia. Semua fasilitas resor baru ultra-mewah di Ubud,Bali, panorama di sekitarnya, hingga atraksi, diyakini bakal sukses merayu banyak wisatawan mancanegara untuk menginap di sana.

“Ini terinspirasi dari pemukim Eropa awal 1800 an, Capella Ubud memberikan sensasi untuk menghidupkan kembali semangat petualangan sambil menikmati esensi alam Bali dalam kenyamanan yang mewah," kata Nicholas M. Clayton, CEO Capella Hotel Group Asia.

Di Ubud, Capella Hotel akan hadir di daerah pedesaan yang dibalut hutan dan sawah. Gemericik air Sungai Wos bisa terdengar jelas saat tamu menginap di sana. Capella Ubud akan menawarkan 22 tenda mewah yang dirancang oleh Bill Bensley. Semua unit akan memiliki kolam berendam pribadi dan tamu akan dilayani oleh Asisten Pribadi.

Fasilitas lain di resor akan mencakup Perpustakaan Capella, kanopi kolam renang, gimnasium dan spa, hingga persembahan F & B yang mencakup grill Robatayaki dan taman makan.

Menpar Dr Ir Arief Yahya MSc menyambut gambira hadirnya investasi baru perhotelan dan industri pariwisata di tanah air. Apalagi mereka yang sudah memiliki reputasi dengan global standart. "Mereka membangun di Indonesia, karena sudah punya jaringan, dan pasti juga sudah punya market dan customers. Jadi, kami welcome untuk berbisnis pariwisata yang masih sangat terbuka," kata Mantan Dirut PT Telkom Indonesia yang asli Banyuwanvi itu.

Dalam memimpin sektor pariwisata, pria lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris dan Program Doktor Unpad Bandung ini menggunakan prinsip lindustry lead, government support. "Amenitas dan sebagian atraksi buatan manusia, biarkan diurus oleh private sector, sedang akses dan public utility seperti jalan, air, listrik dan jaringan telekomunikasi itu menjadi urusan Kemenpar atau pemerintah," kata dia. (*)

Daftar penginapan Asia yang diprediksi akan booming di 2017

1.    Pulau Bawah Private Island, Anambas – Indonesia

2.    Capella Ubud, Bali – Indonesia

3.    Alila Fort Bishangarh, Jaipur – India

4.    Rosewood Luang Prabang – Laos

5.    Aman Shanghai – China

6.    Six Senses Krabey Island – Kamboja

7.    Train Suite Shiki-Shima – Jepang

8.    Four Seasons Resort The Nam Hai - Hoi An, Vietnam

9.    W Shanghai The Bund, Shanghai - China

Editor : Cholis Faizi
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%