Pansel: KPK Jangan Hanya Bangga dengan Banyak OTT

Kamis, 12 Januari 2017 | 16:03
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Para pimpinan KPK

INDOPOS.CO.ID - Panitia Seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap komisioner jilid IV kian meningkatkan kinerja usai satu tahun kepemimpinan. KPK diminta untuk tidak cepat puas dengan 17 operasi tangkap tangan (OTT) yang disebut terbanyak sepanjang sejarah komisi antirasuah.

"Jadi tidak boleh bangga hanya karena KPK di masa lalu sempat ada yang OTT satu tahun 12, kita sekarang 16. Tidak boleh hanya bangga begitu," kata Anggota Pansel KPK Yenti Garnasih usai bersilaturahmi, Kamis (12/1).

Yenti menilai kasus korupsi yang berawal dari OTT mestinya tidak hanya berhenti pada penetapan tersangka sejumlah pihak yang tertangkap. Menurut dia, sejumlah perkara yang berawal dari OTT itu biasanya melibatkan banyak pihak. 

"Karena OTT itu akan selesai kalau semuanya. OTT itu kan hanya ujungnya yang ketangkep, hampir semuanya melibatkan lebih dari satu orang. Ini yang saya sampaikan," ujar Yenti.

Dalam pertemuan kali ini, lima anggota pansel bersilaturahmi dengan lima pimpinan KPK. Mereka adalah Diani Sadiawati, Enny Nurbaningsih, Yenti Garnasih, Harkristuti Harkrisnowo, dan Natalia Subagyo.

Sebelumnya, dalam konferensi pers kinerja akhir tahun, KPK menyampaikan telah melakukan 17 kali OTT sepanjang 2016.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengklaim 17 OTT pada 2016 itu merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah lembaga antirasywah berdiri. Dari OTT itu, KPK berhasil menjerat 56 tersangka dari berbagai unsur.

"Kegiatan OTT yang dilakukan pada tahun 2016 merupakan jumlah OTT terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri," kata Basaria dalam konferensi pers kinerja tahunan di auditorium KPK, Jakarta, Senin (9/1).

Basaria mengatakan, 56 tersangka itu memiliki beragam profil mulai dari aparat penegak hukum, anggota legislatif, hingga kepala daerah. Jumlah tersebut belum termasuk tersangka yang ditetapkan dari hasil pengembangan perkara. (put/JPG)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%