Nusantara Sehat Jadi Terobosan Distribusi Tenaga Kesehatan

Kamis, 12 Januari 2017 | 16:45
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Menteri Kesehatan, Nila Moeloek

INDOPOS.CO.ID - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki permasalahan maldistribusi tenaga kesehatan. Untuk itu dibutuhkan terobosan dalam bidang penguatan layanan kesehatan. Salah satunya dengan mengirimkan tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat ke daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan.

“Dahulu ada Inpres yang mewajibkan tenaga kesehatan ke Daerah. Namun, di era demokrasi Inpres tersebut sudah tidak ada. Maka, betapa sulitnya kita melakukan pemerataan, namun bagaimanapun pemerataan terus kita upayakan. Sejak dua tahun lalu, Kemenkes telah mulai kirimkan tenaga kesehatan yang bersedia mengabdi di daerah perifer, kelebihannya mereka berbasis tim," ujar Nila di Public Expose Nusantara Sehat yang bertajuk “Membangun Kesehatan Indonesia dari Pinggiran” yang diselenggarakan di Gedung Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Kamis (12/1). 

Pelibatan kaum muda untuk pembangunan kesehatan, Nusantara Sehat dianggap dapat mengisi kekurangan yang tengah terjadi di daerah. Jiwa muda para anggota tim Nusantara Sehat tidak hanya dinilai mampu dapat memberikan alternatif solusi masalah kesehatan. Pemuda juga dilihat Nila membawa inovasi pengembangan masyarakat di wilayah tempat mereka berkarya.

Menkes juga menekankan bahwa Kementerian Kesehatan tak bisa bekerja sendirian membangun sektor kesehatan di pinggiran negara. Kolaborasi program bersama Kementerian lain dan menurunkan ego sektoral sangat dibutuhkan. Sebab, integrasi dan dukungan pihak-pihak terkait sangat penting menentukan lokus intervensi program dari Kementerian dan Lembaga yang turun mengurusi masalah ini.
          
“Saat ini kita bersama-sama sedang mengurangi kemiskinan melalui pemerataan. Fokus kita semua sama, yakni sama-sama membangun dari pinggiran, khususnya daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan," pungkas Menkes. (adn)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%