Penyediaan Infrastruktur Permukiman Diarahkan pada Pencapaian Gerakan Nasional

Kamis, 12 Januari 2017 | 17:15
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Staf Ahli menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Kemendes, Rusnadi Padjung

INDOPOS.CO.ID - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Hartoyo, menerangkan bahwa penyediaan infrastruktur permukiman sejak 2014 telah diarahkan pada pencapaian gerakan nasional. Bertajuk “Seratus nol seratus”, program ini berusaha memberi 100% akses terhadap air minum, 0% terhadap lingkungan tidak layak huni, dan 100% akses sanitasi. 

Upaya tersebut diwujudkan dalam rangka mendukung program pembangunan kesehatan, kolaborasi lintas sektor bersama Kemenkes juga telah dilakukan dan akan terus dijalankan, misalnya PAMSIMAS dalam hal penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat.

Adapun terkait pemanfaatan dana desa untuk pembangunan kesehatan, Staf Ahli menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Kemendes, Rusnadi Padjung, menerangkan bahwa dana desa secara umum prioritasnya untuk pembangunan infrastruktur. Secara khusus, dapat digunakan untuk menyelesaikan indikator-indikator yang menyebabkan desa itu tertinggal. 

“Indikator tersebut ada lima dimensi, salah satunya kesehatan. Jadi, saat infrastruktur dan indeks pembangunan menunjukkan ada permasalahan kesehatan, kita sudah sampaikan kepada pendamping agar di dalam penyusunan anggaran pembangunan dan belanja desa (APBDes) diarahkan ke kesehatan," terang Rusnadi di Jakarta, Kamis (12/1). (adn)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%