Yuk ke HBDI 2017, Ada Banyak Diskon Gede-Gedean

Jumat, 19 Mei 2017 | 16:42
Share this post :

INDOPOS.CO.ID - HBD itu tak selamanya identik dengan happy birthday. Di Indonesia, HBD bisa diterjemahkan menjadi Hari Belanja Diskon. Bisa juga diterjemahkan sebagai Happy Big Discount. Yang penasaran, silakan langkahkan kaki ke seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia pada 17 Agustus-20 Agustus 2017 dan JIEXPO Kemayoran, 15-27 Agustus 2017. Disana Anda bisa merasakan langsung serunya wisata belanja dengan diskon gede-gedean.

“Hari ini Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia meluncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia. Ini kami buat untuk membantu menggerakkan daya beli masyarakat sekaligus menaikkan wisata belanja di Tanah Air. Ini sekaligus kado bagi hari kemerdekaan Indonesia,” ujar Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Kamis (17/5).

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) juga ditujukan untuk memperkenalkan merek lokal dan Usaha Kecil Menengah (UKM) kepada masyarakat. Utamanya wisatawan mancanegara. Diskon yang disiapkan? Lumayan besar. Akan ada discount 72%, hingga by one get one free yangsudah siap menyapa.

“Mungkin tidak bisa semua produk, hanya hero produk yang jadi diskon 72% atau sifatnya ada by one get one free. Atau mungkin harga Rp72.000. Kami akan siapakan semuanya dengan harga menarik supaya wisatawan nusantara maupun mancanegara mau singgah ke Hari Belanja Diskon Indonesia,” paparnya. 

Nah, bagi yang penasaran, ingin menyimak, Budihardjo sudah menyiapkan dua skenario. Pertama, HBDI 17-20 Agustus 2017. Agendanya diadakan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Selama periode tersebut, para peritel bakal memberikan diskon, penawaran khusus, serta berbagai promosi untuk konsumen.

Kedua, Happy Birthday Indonesia Festival, 15-27 Agustus. Evennya bisa dinikmati di JIExpo Kemayoran, Jakarta. “Ini festival belanja dan ritel terbesar Indonesia. Festivalnya memadukan pertunjukan dengan bazaar, serta diikuti oleh seluruh anggota Hippindo. Jadi silakan lingkari kalender Anda pada 17 Agustus-20 Agustus 2017 dan 15-27 Agustus 2017. Dijamin Anda akan betah belanja,” tuturnya.

Ketua Panitia HBDI Fetty Kwartati menyatakan HBDI diharapkan dapat  menjadi puncak belanja masyarakat dan digelar secara rutin. “Di HBDI, asosiasi agen perjalanan wisata juga akan ikut serta untuk menawarkan berbagai promo. Jember Fashion Carnival pun akan hadir secara khusus untuk meramaikan acara,” tambah dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan Ramadan dan masa selepas Idul Fitri adalah low season bagi industri pariwisata Tanah Air. Tidak hanya wisatawan Nusantara yang berkurang jumlahnya, tapi juga wisatawan mancanegara terutama dari negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim. 

“Kreatif banget ini temen-temen Hippindo. HBD itu happy birthday Indonesia bisa diterjemahkan juga menjadi hari belanja diskon Indonesia, bisa diterjemahkan juga sebagai Happy big discount sampai dengan 72%,” ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Benchmarknya bisa banyak. Saat low season tiba, Indonesia bisa belajar dari black Friday, lalu boxing day terus Dubai diskon festival, atau Singapore Great Sale. “Jadi kalau boxing day dilakukan setelah Natal, saat Thanksgiving Singapore Great Sale, Indonesia ada HBDI,” ucapnya.

Menteri Arief juga membeberkan soal triple T dalam bisnis yang memiliki pola yang sama, yakni Telecomunication, Transportation dan Tourism. Sama-sama memiliki peak-low seasons, sama-sama musiman dan karenanya ada excess capacity. Karena itu pilihan great sales di saat low season, itu pilihan yang cerdas.

"Kasih diskon yang besar saat low season agar orang datang. Harganya menjadi sangat terjangkau dan bisnisnya hidup. Keterjangkauan inilah yang mendorong semua level bisnis bergerak dan tourism menjadi lebih hidup. Produk dan national brand saling support dengan spirit Indonesia Incorporated. Inilah rumus yang tempat untuk kita go global," jelas Arief. (lis)

Kemenpar 300 x 250
e-Permormance
LPSE
PPID
JDIHN