Wonderful Indonesia Lanjutkan Misi Internasional di PATA Travel Mart 2017

Rabu, 13 September 2017 | 10:03
Share this post :

INDOPOS.CO.ID - Misi internasional Wonderful Indonesia kembali dilesakkan Kementerian Pariwisata. Kali ini, Wonderful Indonesia akan berpartisipasi di ajang PATA Travel Mart 2017 yang berlangsung pada 13 hingga 15 September mendatang di Macao, China. 

Wonderful Indonesia akan menempati lahan seluas 108 meter per segi yang akan didesain dengan fokus bernuansa Wonderful Indonesia berkonsep pavilion Indonesia. 

"Tentunya yang akan mencirikan keanekaragaman budaya Indonesia dengan sentuhan modern," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pasar Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana didampingi Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vinsensius Jemadu. 

Sebanyak 12 pelaku industri pariwisata difasilitasi mengikuti kegiatan ini, termasuk Garuda Indonesia yang akan menjual paket wisata.   

Pitana menjelaskan, PATA Travel Mart adalah wisata utama pameran dagang terbesar di kawasan Asia Pasifik. Kegiatan ini bersifat B to B yang dihadiri berbagai pelaku pariwisata. Mulai dari sektor publik, organisasi pemerintah serta berbagai industri pariwisata di dalamnya. 

PATA Travel Mart adalah salah satu ajang yang punya kredibiitas kuat dan diakui oleh industri pariwisata di dunia. PATAsudah berdiri sejak 1951, sebagai asosiasi nirlaba yang eksis diakui dunia menjadi katalisator bagi pengembangan travel dan turisme yang bertanggung jawab.

"Karena itu sangat penting bagi Indonesia untuk hadir dan terlibat serta menyebar 'virus' Wonderful Indonesia," ujar Pitana. 

Sementara Vinseius Jemadu mengatakan, negara-negara Asia Pasifik merupakan kantong pasar terbesar penyumbang wisatawan mancanegara ke Indonesia. Salah satunya adalah Cina. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), selama bulan Juli 2017 kemarin wisatawan asal negara itu mencapai 214,5 ribu kunjungan. Tidak hanya Cina, negara Asia Pasifik lainnya juga tercatat sebagai yang terbesar penyumbang wisman. Yakni Australia mencapai 117,6 ribu kunjungan serta Jepang 48,7 ribu kunjungan. 

"Ini menunjukkan pasar Asia Pasifik yang kuat dan potensial bagi Indonesia. Wonderful Indonesia siap berjaya di PATATravel Mart 2017," kata Vinsen. 

Dalam kegiatan tersebut juga akan disajikan beragam informasi terkait pariwisata Indonesia. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik keterlibatan aktif Wonderful Indonesia di berbagai ajang pariwisata internasional. Hal ini sangat penting guna memperkuat brand Wonderful Indonesia yang saat ini telah menempati peringkat 47 dunia dari yang sebelumnya tidak terdata sama sekali. 

"Kita targetkan akan meningkat hingga 30 besar dunia," ujar pria asli Banyuwangi itu. Kegiatan PATA Travel Mart juga penting dalam rangka meraih target wisatawan mancanegara hingga 15 juta di akhir tahun 2017. (lis/ags)

Kemenpar 300 x 250
e-Permormance
LPSE
PPID
JDIHN