Isu PKI Makin Liar, Jokowi Diminta Tenang

Kamis, 21 September 2017 | 11:11
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Isu soal PKI kini ramai menjadi pembicaraan. Padahal setiap tahunnya menjelang hari kesaktian pancasila. Isu-isu tersebut tak pernah liar. Apakah sekedar sensasi atau isu kepentingan?   

Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar menilai, isu tersebut terkesan diarahkan untuk menyerang pemerintahan Joko Widodo. Hanya saja Idil memperkirakan isu tidak akan terlalu berpengaruh terhadap elektabilitas Jokowi yang digadang-gadang kembali maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2019 mendatang.

”Soal PKI ini kan setiap tahun terjadi, ada pertentangan dan konflik wacana. Tapi biasanya setelah 1 Oktober tenggelam lagi," ujar Idil seperti dilansir dari JPNN (INDOPOS.CO.ID Grup).

‎Idil menyebut Jokowi tetap perlu menyikapinya secara bijaksana. Bahkan bila perlu mengambil langkah terobosan menyelesaikan permasalahan yang ada, agar tidak lagi menjadi isu tahunan.

”‎Pak Jokowi saya kira harus berjalan dalam konteks undang-undang. Nah yang dilakukannya saat ini dengan tidak melontarkan soal PKI itu sudah benar,” ucapnya.

Idil menilai, sikap presiden yang memilih menyatakan perlu ada film soal PKI yang kekinian, membuat suasana menjadi tenang. ”Jadi sangat positif pernyataan beliau, karena kalau misalnya menyatakan 'jangan lagi membicarakan soal PKI' malah bisa dipelintir jadi bahan (untuk menyerang Jokowi kemudian,red),” pungkas Idil. (gir/ash/jpg)

Editor : Achmad Sukarno
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%