LT V Pramuka, Desain Disesuaikan Generasi Z

Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:48
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
LOMBA: Kwarnas Gerakan Pramuka menggelar jumpa pers kegiatan LT-V yang akan dilaksanakan 22 - 28 Oktober 2017 di Gedung Pramuka Gambir, Jakarta Pusat.

INDOPOS.CO.ID - Kwarnas Gerakan Pramuka segera menghelat kembali lomba tingkat lima (LT-V) bagi Pramuka tingkat penggalang di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 22 - 28 Oktober 2017.

Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault dalam mengungkapkan, LT-V merupakan salah satu kegiatan yang paling menarik di Pramuka. Kegiatan ini begitu dinanti dan prestisius, karena berjenjang dan sangat ketatnya seleksi regu yang bisa mengikutinya.

"LT-V ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Peserta kegiatan ini adalah Pramuka Penggalang yang tergabung dalam satu regu, baik regu putra maupun regu putri dengan usia 11-15 tahun," ungkap Adhyaksa di Gedung Pramuka Gambir Jakarta Pusat, Kamis (12/10).

Adhyaksa melanjutkan, seperti kegiatan Gerakan Pramuka lainnya yang di luar ruangan, LT-V dilaksanakan dengan cara rekreatif, kreatif, edukatif dan kompetitif.

Kemudian regu yang bisa mengikuti LT-V ini adalah regu berprestasi tinggi atau yang menjuarai empat lomba tingkat (LT) sebelumnya, yaitu: LT-I (tingkat gugus depan), LT-II (tingkat kwartir ranting/kecamatan), LT-III (tingkat kwartir cabang/kota atau kabupaten), dan LT-IV (tingkat kwartir daerah/provinsi).

"Jadi, LT-V adalah pertemuan dan perlombaan antarregu penggalang terbaik dari setiap provinsi /kwartir daerah di Indonesia. Masing-masing Kwarda mengutus regu putra dan regu putri dengan jumlah anggota regu sebanyak delapan orang. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah Piala Dunianya Pramuka," paparnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Budi Prayitno mengatakan, dibanding LT-V edisi sebelumnya, LT-V tahun ini cukup berbeda. Selain lokasi lomba yang lebih menantang, LT-V kali ini didesain dengan menyesuaikan perkembangan zaman dan generasi Z.

Pendaftaran, beberapa hal yang akan dilombakan, hingga semua informasi dan penugasan akan memaksimalkan penggunaan IT. "Apa yang diwariskan oleh kakak-kakak pembina Pramuka terdahulu tetap kita pertahankan dengan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tantangan ke depan," ungkap Budi. Dalam LT-V ini Gerakan Pramuka telah merencanakan akan ada 35 lomba yang digelar pada acara bagi para Pramuka Penggalang. (jaa)

Editor : Muhammad Izzul Mutho
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
100%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%